Selasa, 10 Oktober 2017

Beginilah Cara Budidaya Semangka

Semangka
Syarat Penunjang Pertumbuhan
Curah hujan ideal 40-50 mm/bulan. Sekujur area tanam mememrlukan pencahayaan dari sinar matahari dimulai dari matahari terbit sampai matahari terbenam,suhu optimal +/- 250oC. Semangka cocok ditanam di dataran rendah hingga ketinggian 600 m di atas permukaan laut. Kondisi tanah yang cukup longgar,kaya bahan organik,tidak asam tanah dan kebun / persawahan yang dikeringkan. Jenis tanah berpasir dengan pH keasaman tanah 6-6,7.

Persiapan Media Semai
Campurkan 50 kg pupuk kandang dengan Solbi Agro 100 ml,dan tanah untuk area 1000m2,didiamkan selama 1 minggu di tempat teduh untuk disimpan lembab dan aduk sesekali diaduk / terbalik belakang. Campurkan tanah halus yang telah diayak sebanyak 2 ember,pupuk kandang matang yang telah diayak 1 ember,dan TSP +/- 50 gram dan dimasukkan ke dalam kantong plastik ukuran 8 × 10 cm hingga 90%.

Teknis Perkecambahan Benih
Bibit kemudia dimasukkan ke dalam kain direndam dengan larutan Solbi Agro sebanyak 5 cc per liter air selama 10 jam. Setelah perendaman,biji matang tersebut diperam dalam kertas sampul warna coklat atau Koran 1-2 hari. Benih berkecambah sudah dipindahkan ke media pembibitan.

Persemaian Benih dan Pemeliharaan Bibit
Bibit diberikan siraman air secukupnya benih yang telah keluar bersama dua calon akar ditanam dalam polybag CMM dalam 1-1,5 cm. Polybag berbaris pembibitan diletakkan dan terkena sinar matahari penuh Penyiraman 1-2 kali sehari dan pada umur 12-14 hari bibit siap tanam dipindahkan kelahan yang sudah di siapkan.

Pembukaan Lahan
- Lakukan pembajakan hingga sekitar pada kedalama 30 cm dan kemudian dihaluskan dan diratakan.
- Bersihkan lahan dari sisa-sisa perakaran dan batu.
- Buat bedengan dengan lebar 1 m,tinggi 0,5 m,dan lebar telasah 2 m.
- Berikan kapur dolomite agar mencapai pH 6-6,7.
- Berikan pupuk kandang yang telah dicampur Solbi Agro ( 1lt Solbi Agro untuk 1 ton pupuk kandang),seminggu sebelum   tanam.
- Pemupukan dasar dengan TSP 200 kg / ha,ZA 140 kg / ha dan KCL 130 kg / ha.
- Bedengan perlu diberi plastik mulsa dengan lebar 110-150 cm agar membantu mengurangi penguapan air dan pertumbuhan tanaman penggangu lainnya.
- Teknis Penanaman Semangka
- Pembuatan Lubang Tanam

Dapat dilakukan setelah sekitar satu minggu sebelum penanaman dengan kedalaman 8 cm,dengan jarak 20-30 cm dari tepi tempat tidur. Sebuah jarak antara lubang 90-100 cm. Penanaman harus di pagi atau sore hari kemudian penyiraman sampai cukup basah.

Baca Juga :
Inilah Beberapa Manfaat Bunga Ekor Kucing Untuk Pengobatan 
Beginilah Tips Penanaman Dan Budidaya Cengkeh
Beginilah Bagaimana Cara Budidaya Tanaman Manggis 
Cara Memilih Polybag Untuk Pembibitan & Budidaya Tanaman 

Penyulaman
Penyulaman dilakukan 3-5 hari setelah tanam.

Penyiangan
- Penyiangan dilakukan dengan cara mengatur cabang primer dan dipertahankan hanya 2-3 cabang tanpa memotong cabang sekunder.
- Akhir dari cabang sekunder disisakan 2 daun.
- Cabang sekunder yang tumbuh pada ruas harus dipotong agar tidak mengganggu pertumbuhan buah.
- Lakukan perempelan tunas muda yang tidak berguna karena mempengaruhi pertumbuhan buah.
- Pengairan dan Penyiraman
- Pengairan dilakukan dengan dibasahi saluran antar bedengan dengan cara di siram dengan pipa atau digembor dengan waktu 4-6 hari.
- Volume penyiraman tidak boleh terlalu berlebihan.

Pemupukan
- Pemupukan dapat dilakukan setelah satu minggu tanam dengan menggunakan ZA 40 kg/ha,KCL 140 kg/ha.
- Pemupukan semangka dua minggu setelah tanam mengunakan ZA 120 kg/ha,TSP 85 kg/ha,KCL 170 kg/ha.
- Pemupukan semangka saat berbunga menggunakan ZA 130 kg/ha,KCL 30 kg/ha.
- Lakukan penyemprotan Solbi Agro dengan dosis 500 ml dilarutkan dengan 200 liter air,dan disemprotkan merata setiap 2 minggu sekali.

Sortir Buah
- Pilih buah yang cukup besar bulat baik dan tidak cacat, terletak antara 1-1,5 m dari perakaran tanaman.
- Sisakan hanya 1-2 buah saja,lainnya di pangkas.
- Jika berat buah sudah hampir 2 kg,bolak balik buah agar didapat pencahayaan matahari dan warna yang rata.

Hama Tanaman Semangka
Thrips ramping berukuran kecil,pucat warna kuning hitam,memiliki tentakel tubuh bersendi. Cara penularan yang berkeliaran di malam hari,untuk hidup dan berkembang biak.

Panen
Ciri dan Umur Panen panen setelah 70-100 hari setelah tanam. Karakteristik: buah batang mulai menyusut,perubahan warna buah,dan buah bisa dipetik (dipanen).

Cara panen pemilih buah harus dilakukan ketika cuaca cerah sehingga buah dalam kondisi kering permukaan kulit,dan tahan selama penyimpananan atau di tangan pengecer. Kami sarankan memotong semangka dilakukan sepanjang batang.

Kami Lim Corporation juga menjual Bantal Silikon, Kantong Sampah, Karung Beras Dan Kami juga menjual alat - alat Pertanian & Perkebunan. Untuk info lebih lanjut klik -> DISINI <- Atau anda juga bisa hubungi kami di : SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 / 08123.258.4950 / 0877.0282.1277 . Call dan WA hanya dilayani pada jam kantor pukul 08.15 -16.00 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar